Tips Masakan Aqiqah Bebas Bau Kambing


Masakan aqiqah berbau kambing adalah hal biasa dan lumrah karena memang daging yang diolah adalah daging kambing. Semua orang tahu kalau si kambing ini memang mempunyai aroma khas yang dibawa dari sononya. Namun kalau ada masakan kambing yang tidak menebarkan bau kambing, atau orang jawa bilang prengus, nah ini baru luar biasa.

Jujur saja, sebenarnya daging kambing tergolong daging yang sangat lezat tidak kalah enaknya dengan daging sapi maupun daging-daging yang lainnya. Hanya aroma yang khas itulah merupakan salah satu penyebab banyak orang yang kurang begitu sreg untuk mengkunsumsinya.

Agar bau kambing tidak muncul setelah menjadi masakan siap saji, maka markaz aqiqah surabaya mengembangkan teknik pengolahan dan uji coba berkesinambungangan sehingga hasilnya " Masakan kami bebas bau kambing"

Untuk itu kami berikan aneka resep masakan untuk aqiqah supaya hasil olah masakan aqiqah terbebas dari bau kambing:
1. Teknik penyembelihan kambing.

Resep ini berasal dari seorang jagal yang memang pekerjaan sehari-harinya menyembelih kambing yang kemudian beliaunya mau berbagi ilmu dengan kami. Caranya, setengah jam sebelum kambing di sembelih kasih makan bawang merah cukup kira-kira lima siung. Ya tentunya dengan paksa atau istilah orang jawa diloloh.
2. Persiapan daging yang akan diolah.

Yang kami ketahui sebenarnya penyebab utama masakan berbau kambing adalah jeroanyaitu babat dan ususnya. oleh sebab itu kalau ingin masakan tidak bau kambing, mau tidak mau babat dan usus harus di cuci bersih. Caranya, setelah kotoranya di buang kemudian di cuci lalu di rebus sampai mendidih. Selanjutnya babat dan usus di potong menurut selera cuci dengan air bercampur Detol lalu bilas hingga benar-benar bersih.

3. Gunakan komposisi bumbu yang tepat. 

Ada beberapa ramuan rempah-rempah kalau tepat ukurannya dapat menghilangkan bau pada masakan kambing. Rempah - rempah itu antara lain: Cengkeh, pala, ketumbar, merica, dan jinten.

4. Memberikan taburan garam dapur beryodium.

Kalau sudah terlanjur dicuci, taburi semua bagian daging kambing dengan garam dapur sampai benar-benar rata. Setelah itu jangan langsung dicuci. Biarkan dahulu selama kurang lebih 60 menit supaya garam meresap dan menetralkan bau darah kambingnya. Setelah itu bisa dicuci kembali dengan air dingin sebelum dimasak dengan resep kambing andalan.

5. Tips terakhir adalah menggunakan air jeruk nipis.

Siram air jeruk nipis diatas permukaan daging kambing sampai rata. Diamkan supaya air jeruk nipisnya meresap kurang lebih selama kurang lebih 30 menit sampai 60 menit.

Itulah beberapa trik yang bisa kita lakukan untuk cara mengolah daging kambing yang akan dimasak supaya tidak bau . Selain menghilangkan bau khas kambingnya, beberapa tips yang kita berikan diatas juga bisa digunakan untuk cara memasak daging kambing aqiqah supaya cepat empuk dan tidak alot. Teman-teman tinggal memilih cara memengolah kambing aqiqah mana yang paling mudah dan cocok buat teman-teman.
Tag : Masakan
Back To Top